Powered By Blogger

Selasa, 29 Desember 2009

menginstall windows7


Windows 7 kini sudah tersedia di pasaran. Anda pasti sudah menunggu-nunggu sejak lama, terutama jika Anda pengguna Vista. Memang, sejak pengguna XP berpindah ke Vista, banyak keluhan yang seharusnya tidak terjadi. Banyak kerepotan-kerepotan yang seharusnya tidak ada dan memang belum ada di Windows XP. Hasilnya, survey dunia mengatakan bahwa mereka lebih menyukai XP daripada Vista.


Pengguna Vista yang sudah terlanjur berpindah ke XP kini menjadi malas untuk kembali lagi ke XP. Mereka mengakui bahwa mereka “terjepit”, berharap ada perbaikan dari Microsoft karena mereka malas untuk kembali lagi ke XP. Tampilan pun menjadi salah satu alasan yang memperkuat “kemalasan” itu. Demi tampilan, pengguna Vista pun mengorbankan performance dan kemudahan.


Microsoft menjanjikan akan adanya sistem operasi baru yang akan menggantikan Vista. Sistem operasi ini akan sebagus Vista dan seringan XP. Akhirnya, Windows 7 telah resmi dirilis. Dan sistem operasi inilah yang akan menjadi taruhan Microsoft tentang janji-janjinya.


Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum meng-install Windows 7 di bawah ini semoga mampu memberikan Anda gambaran lebih jauh jika terjadi sesuatu di tengah jalan.




Microsoft Tidak Menyediakan Tools Upgrade Langsung dari XP


Jika Anda pengguna XP, saya sarankan untuk menginstall Windows 7 dari awal (clean install). Microsoft beralasan tidak adanya tools upgrade yang memadai dari XP adalah karena XP dan Windows 7 jauh berbeda dari segi arsitektur, registry, kernel, dan sebagainya. Oleh karena itu, lebih aman untuk menginstall dari awal daripada harus memaksakan diri upgrade dari XP. Jangan lupa, backup semua data penting Anda. Sekalipun install Windows 7 aman dilakukan, hal ini akan menambah kepercayaan diri Anda dalam menginstall sistem baru ke dalam komputer Anda.


Upgrade Langsung dari Vista


Bagi Anda pengguna Vista, kabar gembiranya adalah Anda dapat langsung upgrade dari Windows Vista Anda. Bisa jadi, Windows 7 ini memang memiliki arsitektur yang sama dengan Vista dengan perbaikan disana-sini. Walaupun begitu, saran terbaik saya adalah tetap melakukan clean install. Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan performa dari Windows 7 Anda dan Anda tidak perlu direpotkan dengan masalah-masalah yang mungkin ikut terupgrade dari Vista Anda.


Windows 7 dan Periferal Anda


Periferal Anda seperti printer, scanner, VGA, dan sebagainya, rentan tak terdeteksi oleh Windows 7 ini. Launching Windows 7 yang baru beberapa hari ini pun membuat Anda kesulitan mencari upgrade driver-driver tersebut di internet. Hal ini sepertinya telah diantisipasi Microsoft dengan membuat sebuah tools bernama Windows 7 Upgrade Advisor Tools. Scan seluruh hardware Anda terhadap ke-tidak kompatibel-annya sehingga Anda tahu apa yang harus Anda lakukan. Advisor Tools ini juga dilengkapi dengan saran-saran dan troubleshooting jika hardware Anda ternyata bermasalah. Namun demikian, resiko itu tetap ada. Tanyakan pada Microsoft jika Advisor Tools tersebut tak mampu menyelesaikan masalah.


Kompatibilitas dengan Software 3rd Party



Windows 7 masih saja memiliki beberapa masalah kompatibilitas dengan beberapa vendor software 3rd party. Sebagai contoh, beberapa aplikasi antivirus yang Anda gunakan sekarang mungkin akan bermasalah dengan Windows 7 Anda. Anda dapat memanfaatkan sementara fasilitas keamanan dari Windows 7 berupa firewall yang lebih baik dari Windows XP dan Vista, juga aplikasi bundel terbaru dari Microsoft yaitu Microsoft Security Essentials. Namun jika Anda masih tetap ingin menjalankan antivirus lama Anda, Anda sebaiknya mengunjungi situs resmi antivirus tersebut dan mendownload versi Windows 7 nya. Begitu juga dengan aplikasi lainnya selain antivirus. Sebaiknya Anda melakukan hal yang sama.


Windows 7 Pre-Installed


Jika Anda tidak ingin repot, Anda dapat membeli sebuah perangkap PC atau laptop yang sudah dilengkapi dengan Windows 7 dan aplikasi-aplikasi lainnya sesuai keinginan Anda. Dengan demikian, Anda terbebas dari masalah yang memusingkan. Biayanya sedikit lebih mahal, namun Anda terlindungi dari masalah yang tidak perlu. Jika pun suatu saat terjadi masalah, Anda dapat dengan mudah menelpon toko dimana Anda membeli PC atau laptop. Oleh karena itu, garansi menjadi penting bagi Anda. Tanya berapa lama garansi PC atau laptop Anda dan minta kejelasan spesifikasi garansi yang diberikan.


Jika Anda punya pengalaman tentang Windows 7 ini, silahkan share di sini. Semoga pembaca yang lain mendapatkan manfaat dari pengalaman Anda.


Selamat menikmati Windows 7 Anda!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar